RSS

Praktikum Pengantar TI

Berbagi ilmu dan sharing aja tentang Praktek Pengantar TI (PPTI)

 1. Jelaskan fungsi menu History pada web browser! Uraikan langkah-langkah untuk melihat dan
menghapus History pada web browser!


Jawaban :
FUNGSI MENU HISTORY PADA WEB BROWSER

Fungsi dari menu History pada web browser adalah untuk mencatat dan menyimpan data sejarah penelusuran dan penggunaan internet pada komputer kita.  Selain itu, fungsi dari menu history ini adalah untuk melihat situs mana saja yang pernah dikunjungi oleh komputer.

LANGKAH-LANGKAH UNTUK MELIHAT HISTORY

Langkah-langkah untuk melihat history pada web browser adalah dari addres bar, ketikkan huruf awal alamat yang ingin diakses, secara langsung web addres akan menunjukan beberapa situs web yang menyerupai alamat yang sudah kita ketikkan.

Cara lain untuk melihat history yaitu dari addres bar, klik pada tanda panah disamping symbol bintang, maka sebagian situs web teratas yang pernah kita kunjungi akan ditampilkan.

Sedangkan untuk melihat seluruh situs web yang pernah kita kunjungi sebelumnya, dapat dilakukan dengan memilih menu Firefox >> History >> Show All History.
Tombol keyboard juga dapat dijadikan alternative untuk melihat history. Caranya adalah dengan menekan tombol Ctrl+Shift+H atau dengan Ctrl+H. Maka akan ditampilkan beberapa pilihan kepada pengguna, antara lain : Today (untuk menampilkan seluruh history pada hari ini saja), Last 7 Days (untuk menampilkan history selama 7 hari terakhir) , This Month (Untuk menampilkan seluruh history pada bulan ini), dan masih ada beberapa pilihan lainnya.

LANGKAH-LANGKAH UNTUK MENGHAPUS HISTORY

Ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk menghaus history pada web browser. Cara pertama yaitu dengan membuka menu history dahulu melalui cara yang telah dijelaskan sebelumnya, kemudian menekan tombol Ctrl+Shift+Del. Maka recent history akan terhapus seluruhnya.
Cara lainnya adalah dari web browser, pilih situs yang akan dihapus dengan menyorot pada situs web tersebut, kemudian tekan tombol Delete pada keyboard.

2. Jelaskan fungsi Bookmark/Favorite pada web browser! Uraikan langkah-langkah untuk
mengelola Bookmark halaman web favorit pada web browser!

Jawaban :

FUNGSI BOOKMARKS PADA WEB BROSWER

Bookmark berfungsi untuk  menyimpan link atau alamat suatu artikel, blog, atau website di browser Kita. Rincinya adalah Bookmark berfungsi sebagai penanda (marker) persis seperti pembatas buku atau pita yang terdapat dalam Alkitab. Dengan bookmark Kita bisa menandai bagian-bagian yang penting sehingga di lain waktu Kita bisa dengan cepat kembali ke bagian tersebut. Selain itu, fungsi bookmark atau favorite ini adalah untuk menandai situs web yang kita favoritkan dan yang paling sering kita akses. Untuk memasang bookmark pada bagian yang sedang dibaca, Kita dapat melakukannya dengan cara sebagai berikut :

a.Untuk Pengguna Internet Explorer , Klik pada menu FAVORITES, kemudian klik "Add to favorites," lalu berikan nama pada isian "Name," kemudian klik pada folder yang anda inginkan pada jendela "Create in" jika belum ada foldernya Kita bisa membuat folder baru dengan klik "New Folder," setelah sesuai lalu klik OK.
b. Untuk Pengguna Firefox Klik pada menu BOOKMARKS, kemudian klik "Bookmark this page," lalu berikan nama pada isian "Name," kemudian klik pada folder yang anda inginkan pada kotak "Create in:," jika belum ada foldernya anda bisa membuat folder baru dengan klik pada kotak kecil bertanda segitiga di sebelah kanan untuk memperbesar jendela, kemudian klik "New Folder," setelah sesuai lalu klik OK.
c. Untuk Pengguna Opera Klik pada menu BOOKMARKS, kemudian klik "Bookmark page," lalu berikan nama pada isian "Name," kemudian klik pada folder yang anda inginkan pada kotak "Create in:," jika belum ada foldernya anda bisa membuat folder baru dengan klik "New Folder," setelah sesuai lalu klik OK.identifikasi internet eksplorer.

Selain itu terdapat alternative lain dengan menggunakan keyboard yaitu dengan cara :

Ketikkan alamat website yang ingin diberikan bookmark, setelah itu klik pada symbol bintang yang terletak disisi kanan address bar. Atau dapat kita lakukan dengan cara menekan tombol Ctrl+D pada keyboard. 
Pada kotak dialog Folder, Kita dapat memilih pada folder apa alamat web tersebut kita simpan di bookmark.

Untuk membuka bookmark yang pernah Kita simpan sebelumya, Kita tinggal menekan tombol Shift+Ctrl+ O atau klik tombol setting yang terletak pada tombol kanan atas yaitu yang bersimbol bintang, kemudian pilih Show All Bookmark atau dengan menekan tombol Ctrl+Shift+B.

Untuk pengelolaan yang lainnya, Kita dapat mengaturnya dari Symbol bintang yang terdapat pada pojok kanan seperti ditampilkan pada gambar dibawah ini, kemudian kita tinggal menegelola Bookmark tersebut sesuai dengan opsi yang terdapat pada bookmark tersebut.

3. Apakah yang dimaksud dengan Add-ons pada web browser Mozilla Firefox? Sebutkan 2
contoh Add-ons Extensions Firefox yang termasuk dalam kategori Privacy and Security dan
jelaskan fungsinya masing-masing!


Jawaban :

ADD-ONS
Add ons merupakan komponen opsional, yaitu komponen yang terdapat pada Mozilla Firefox yang dapat kita pakai atau dapat tidak kita pakai sesuai keinginan dan kebutuhan kita. Fungsi dari Add-Ons ini bermacam-macam, tergantung dari Add-Ons jenis apa yang kita pasang. Misalkan saja kita memasang Add-Ons yang dapat memeriksa cuaca, maka kita dapat melihat cuaca pada hari ini.

    Add-ons atau dalam Bahasa Indonesia pengaya, adalah seperti aplikasi yang diinstal untuk menambahkan program ke Firefox. Kita bisa mendapatkan add-ons yang dapat memeriksa cuaca, mengubah tampilan Firefox, mendengarkan musik, atau bahkan memperbarui profil Facebook. Cara untuk mengaktifkan Add-Ons adalah dengan menekan tombol Ctrl+Shift+A. Ada beberapa jenis add-ons yang dapat Kita Install pada PC Kita. Jenis-jenis tersebut antara lain adalah ekstensi. Add-ons extentions juga dikategorikan berdasarkan sifatnya, contohnya adalah keamanan dan privasi.Contohnya yang ada di kategori Privacy and Security :
  •       Element Hiding Helper for Adblock Plus
Melawan iklan  teks! Elemen Hiding Helper adalah ekstensi pendamping untuk Adblock Plus dimaksudkan untuk membuat membuat aturan elemen bersembunyi lebih mudah. Dengan syarat ntuk menginstal Add-on ini, Adblock Plus harus terinstal terlebih dahulu.
  •      WOT - Know Which Websites to Trust
Add-on ini menambah keamanan lebih untuk browser ini! Hal ini dapat menyaring situs Web tentang 4 hal: Trustworthiness (situs aman atau tidak), Vendor Reliability (aman untuk berbelanja atau tidak), Privacy (aman untuk privasi Anda atau tidak), dan Child Safety (aman untuk anak-anak Anda atau tidak).

4. Apakah yang dimaksud dengann RSS Feeds? Jelaskan fungsinya pada aktifitas browsing
Internet! Sebutkan 1 contoh aplikasi RSS reader dan uraikan langkah-langkah contoh
penggunaannya!

Jawaban :

RSS FEED dan RSS READER

RSS merupakan singkatan dari Really Simple Syndication. RSS merupakan sebuah file berformat XML yang merupakan bentuk sederhana dari halaman sebuah blog atau web. Bentuk sederhana ini muncul karena RSS hanya menampilkan konten berupa tulisan dari sebuah halaman blog atau web tanpa banner iklan, javascript, css, footer maupun header.

RSS Feed merupakan sebuah layanan yang mengirimkan atau mendistribusikan konten dari sebuah blog atau web setiap kali blog atau web tersebut melakukan update kepada para pelanggannya yang sudah terdaftar. Setiap orang bisa menikmati fasilitas RSS Feed ini dari sebuah blog atau web jika ingin mengikuti perkembangan isi kontennya. Akan tetapi, sebelum bisa menikmati fasilitasnya kita harus melakukan pendaftaran atau melakukan subscribe terhadap RSS Feed yang dimiliki oleh sebuah blog atau web.
RSS digunakan secara luas oleh komunitas weblog untuk menyebar ringkasan tulisan terbaru di jurnal, kadang-kadang juga menyertakan artikel lengkap dan bahkan gambar dan suara.
Contoh aplikasi RSS Reader seperti berikut: RSSOwl | RSS / RDF / Atom Newsreader 1.2.2 dan FastTrackNews

5. Jelaskan fasilitas email filtering pada penggunaan email! Uraikan langkah-langkah contoh
penggunaan email filtering pada Gmail/Yahoo Mail/web mail lainnya!

Jawaban :
Email Filtering adalah merupakan istilah untuk menyaring email- e-mail yang masuk. E-mail yang masuk ke mailbox Anda terkadang perlu untuk disaring agar dapat dibaca dengan lebih nyaman.
 

Cara membuat filter di Email Yahoo!
  1. Silahkan masuk ke email Yahoo! anda. Kemudian bagian kanan atas klik menu Options lalu pilih More Options. Anda akan masuk ke halaman option. 
  2. Klik menu Filters, kemudian klik Add Filter untuk membuat filter baru.
    Sebagai contoh, kita akan membuat filter untuk memisahkan email notifikasi dari Twitter yang akan disimpan pada folder khusus di email Yahoo! anda.
  3. IsikanFilter Name dengan “Twitter” (tanpa tanda petik), kemudian isikan Sender dengan “Twitter” (tanpa tanda petik), artinya email akan dipisahkan jika pengirimnya adalah Twitter.
    Selanjutnya pilihan Move to Folder pilih [New Folder]. Jika sudah klik tombol Save Changes di bagian atas.Sebelum filter tersimpan akan ada pertanyaan untuk nama folder yang akan digunakan untuk memisahkan email sesuai filter. Isikan namafolder, misalnya “Email Twitter” lalu klik OK
  4. Anda telah berhasil membuat filter baru, untuk melihat hasilnya silahkan kembali ke halaman email anda dengan mengklik tombol Back to Mail.
Semoga bermanfaat yah ^_^

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar